RSS

Blinking pada Printer Canon

01 Apr

Printer… sebuah alat output  yang sering digunakan untuk mencetak data atau laporan baik berupa tulisan ataupun gambar.. nah, bagaimana kalau printernya tidak bisa digunakan..? banyak kemungkinan yang bisa terjadi, sebaiknya di cek dahulu jangan langsung dibawa ketempat service.. bisa saja kabel powernya yang rusak sehingga printer tidak bisa dinyalakan, driver printer yang rusak atau tidak ada, tinta printer yang habis, catridge yang tidak terbaca, atau printer nya blinking… wah mesti direset ni.….hehe..

Nah.. untuk printer canon tipe-tipe terakhir ada beberapa kode blinking yang dapat kita kenali sebelum memutuskan apakah printer tersebut harus di reset atau tidak…

Pertama : Lampu orange berkedip tanpa diselingi lampu hijau

  • Blinking 2 x = Paper out (tidak ada kertas)
  • Blinking 3 x = Paper jam (kertas macet). Apabila berkelanjutan cobalah cek sensor kertas berupa tuas (warna hitam), yang menghubungkan kertas dengan photo sensor pada PCB
  • Blinking 4 x = Ink tank not installed (tangki tinta / cartridge tidak terpasang)
  • Blinking 5 x = Cartridge installed improperly (printhead cartridge terpasang tidak benar), kemungkinan karena kesalahan printhead cartridge atau terjadi kerusakan pada EEPROM printhead cartridge
  • Blinking 8 x = Waste ink full warning (peringatan sebelum error nilai waste counter melebihi 100%).

Kedua :  Lampu orange berkedip diselingi lampu hijau

  • Blinking 2 x = Carriage error (kerusakan pada dudukan printhead cartridge), kemungkinan disebabkan sabuk pembawa (belt) sudah terlalu longgar dan cek komponen lain yang berhubungan seperti photo sensor yang ada pada carriage dan film – timming slip strip, mungkin sedang error.
  • Blinking 3 x = LF error (kondisi error pada roller feed). Kemungkinan disebabkan kerusakan pada motor LF (sebelah kiri bawah) dan komponen-komponen lain yang berhubungan.
  • Blinking 7 x = Waste full error. Silahkan lakukan RESET dan gantilah busa penampung yang ada di bagian bawah.
  • Blinking 8 x = Printhead temperature rise error (kondisi temperatur pada printhead nozzle di luar batas normal), mungkin rusak pada sensor, dapat dilakukan manipulasi dengan memutus alur yang menghubungkan sensor dengan PCB.
  • Blinking 9 x = EEPROM error. Silahkan ganti IC EEPROM dengan yang baru.
  • Blinking 10 x = No Cartridge detected during printing (kondisi tidak terdeteksi adanya printhead cartridge pada saat proses mencetak). kemungkinan terjadi kerusakan pada carriage. Silahkan cek kondisi fisik carriage apakah lock lever (pengunci cartridge) masih berfungsi dengan benar.

Sebagai indikator Printer Canon terkena RESET adalah Waste Full Error.
Lampu orange hidup/nyala blinking sebanyak 7 kali diselingi/dispasi warna hijau 1 kali, dan terus begitu tiada henti. Hal ini mengindikasikan bahwa waste counter (main waste dan platen waste) nilainya sudah lebih dari 100%.

Kondisi Waste Full Error ini biasanya didahului lampu orange blinking 8 kali (tanpa diselingi warna hijau) sebagai indikator Waste ink full warning (peringatan sebelum nilai waste counter melebihi 100%).

sumber : harditrex.wordpress.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 April 2010 in Artikel & Berita

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: