RSS

Pengumuman Kelulusan SMA 2010

26 Apr

Hari ini tepat pada tanggal 26 April 2010 merupakan hari yang bersejarah bagi siswa-siswi SMA/sederajat. Bagaimana tidak, karena hari ini merupakan hari pengumuman kelulusan hasil dari kerja keras mereka selama kurang lebih 3 tahun di SMA/sederajat yang kemudian diujikan dalam Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

LULUS atau TIDAK LULUS, mungkin kata itulah yang akan menjadi acuan susana hati para siswa-siswi SMA/sederajat di seluruh Indonesia pada hari ini. Tawa, suka, bahagia, sedih dan derai air akan menghiasi suasana dibeberapa SMA, bahkan mungkin disetiap SMA/sederajat diseluruh Indonesia.

“Tingkat kelulusan tahun ini 90 persen, 10 persen tidak lulus, ada penurunan sedikit dibanding tahun kemarin yang mencapai 95 persen untuk seluruh wilayah Indonesia,” ujar Wakil Mendiknas Fasli Jalal saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (24/4/2010).

Menurut Fasli, penyebab dari turunnya prosentasi tingkat kelulusan di Indonesia dikarenakan adanya penurunan akhlak dan budi pekerti. Banyaknya soal-soal bocor dan tingkat kejujuran siswa rendah yang muncul saat pelaksanaan, menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya angka kelulusan.

Meskipun begitu, lanjut Fasli pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional akan terus melakukan proses evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan ujian nasional tahun 2010.

“Kita inginkan tingkat kejujuran di atas segala-galanya, walaupun tahun ini masih banyak ditemukan soal-soal bocor, tapi kita sudah perbaiki dengan benar,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menekankan, UN bukanlah faktor penentu kelulusan siswa, melainkan hanya pemetaan mutu pendidikan. Hasil UN diserahkan kepada sekolah untuk digabungkan dengan hasil ujian lain. Jadi, tinggi dan rendahnya nilai Ujian Akhir Nasional 2010 yang telah dilakukan para siswa, bukanlah sebuah jaminan bahwa siswa tersebut punya kemampuan dan kredibilitas seperti yang tertulis dalam bentuk jumlah nilai.

Diharapkan baik orangtua maupun guru diminta untuk memperhatikan kondisi psikologis siswa yang tidak lulus dan harus mengulang pada awal Mei mendatang.

Untuk siswa yang lulus janganlah terlalu berpesta pora, berbahagialah sewajarnya saja. Akhir dari sesuatu merupakan awal dari sesuatu.. tantangan di depan telah menanti mu..

Untuk siswa yang belum lulus, janganlah terlalu larut dalam duka. Itu hanya keberhasilan yang tertunda, masih ada harapan dan kesempatan dalam ujian ulang pada awal mei mendatang. Tetaplah berusaha dan berdoa..

Berbagai sumber

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 April 2010 in Artikel & Berita

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: