RSS

Selamat Hari Pendidikan Nasional

03 Mei

Mungkin agak terlambat untuk mengatakannya, tapi tidak apa-apa lah dari pada tidak sama sekali..

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Seharus nya ucapan tersebut saya ucapkan semalam karena semalam adalah tanggal 2 Mei yang diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Namun tidak banyak orang yang memeriahkannya. Mungkin karena semalam adalah hari minggu, dimana banyak orang yang pergi berlibur dan bersantai bersama keluarga. Begitu pula dengan saya yang harus membawa anak-anak SMP Negeri 2 Pontianak tour ke Pasir Panjang di Singkawang dalam rangka kegiatan perpisahan anak-anak kelas 9.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.. begitu lah kira-kira isi dari lagu Hymne Guru yang diciptakan oleh pak Sartono, (begitulah nama panggilannya) pada tahun 1980. Kini beliau telah pensiun. Tahun 2002 beliau pensiun sebagai guru honor dan bergaji Rp. 60.000,- per bulan. Jumlah gaji yang sangat minim dari dedikasinya sebagai seorang guru. Pahlawan tanpa tanda jasa yang liriknya kini telah berubah menjadi pahlawan insan cendekia.

Guru memang dilarang mengeluh. Bagi seorang guru, hidup ini adalah perjuangan. Perjuangan untuk memajukan pendidikan di negeri ini. Mencerdaskan kehidupan bangsa telah menjadi tujuan hidupnya.

Guru oh guru. Engkau dilarang mengeluh. Itu pesan dari sesepuh. Meski rumahmu lebih buruk dari kandang ayam milik pejabat. Meski istrimu tiap hari mengeluh karena tingginya harga kebutuhan pokok. Meski anak-anakmu menuntut susu agar sehat selalu dalam masa pertumbuhan. Memikirkan juga biaya sekolahnya yang katanya “gratis” dan membeli buku-buku pelajarannya. Walau terkadang harga buku, melebihi honor guru.

Guru.. berkat merekalah banyak pejabat dan pengusaha tercipta. Berkat mereka pulalah banyak orang pintar terlahir di negeri ini.

Guru tak boleh mengeluh, karena mengeluh tak menimbulkan solusi. Bahkan hanya membuat nasi menjadi basi. Buang-buang waktu dan buang-buang energi yang tak perlu. Sebaiknya singsingkan lengan bajumu, dan terus berusaha sekuat tenaga dengan berbagai tindakan perbaikan. Ketika gagal lekas bangkit dan cari akal. Ketika engkau terjatuh, lekas berdiri dan jangan mengeluh.

Pesan Ki Hajar Dewantoro harus kau kibarkan, agar TUT WURI HANDAYANI menjadi cerminan. Mari hargai jasa pejuang pendidikan..

untuk mu Guru ku… ” Selamat Hari Pendidikan Nasional”.

sumber : edukasi.kompasiana.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Mei 2010 in Coretanku

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: