Kemp (Wina Senjaya 2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Selanjutnya dengan mengutip pemikiran J. R David, Wina Senjaya (2008) menyebutkan bahwa strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Berikut ini adalah beberapa strategi pembelajaran aktif yang saya dapatkan dari teman saya yaitu M. Luthfi Rijalul Fikri si penyu_seksi :
- Critical Incident ( Pengalaman Penting )
- Prediction Guide ( Tebak Pelajaran )
- Random Text ( Teks Acak )
- Reading Guide ( Panduan Membaca )
- Group Resume ( Resume Kelompok )
- Question Student Have ( Pertanyaan Dari Siswa )
- Active Knowledge Sharing ( Saling Tukar Pengetahuan )
- True or False ( Benar Apa Salah )
- Benar Salah Berantai
- Inquiring Minds Want To Know ( Bangkitakan Minat )
- Listening Teams ( Tim Pendengar )
- Guided Note Taking ( Catatan Terbimbing )
- Synergetic Teaching ( Pengajaran Sinergis )
- Guided Teaching ( Panduan Mengajar )
- Active Debate ( Debat Aktif )
- Point-Counterpoint ( Debat Pendapat )
- Reading Aloud ( Membaca Keras )
- Learning Starts With a Question ( Pelajaran Dimulai Dengan Pertanyaan )
- Information Search ( Mencari Info )
- Card Sort ( Sortir Kartu )
- The Power of Two ( Kekuatan Dua Kepala )
- Team Quiz ( Quiz Kelompok )
- Jigsaw Learning ( Belajar Model Jigsaw )
- Everyone Is Teacher Here ( Semua Bisa Jadi Guru )
- Index Card Match ( Mencari Pasangan )
- Modelling The Way ( Membuat Contoh Praktek )
Untuk penjelasan mengenai strategi pembelajaran aktif di atas , silahkan download dan klik disini…
uzthia
3 Desember 2010 at 1:44 pm
asslm,,,
bpak,,mw tanya kira2 referensinya/ buku mengenai strategi active learning ini beli dmn y???
teruz kalo mengenai strategi pembelajaran aktif learning card sort, ada tidak khusus untuk mengenai card sort saja??
cz saya kekurangan referensi, dan sepengetahuan saya ini strategi terbaru,,
trimakasih sebelumnya,,mohon dijawab bpak,,
juli
11 Desember 2010 at 8:02 am
waalaikumsalam… klo beli dimana sy kurang tau, coba aja cari di toko buku atau internet… π
sdikit tentang strategi βCard Sortβ yaitu kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klarifikasi, fakta tentang obyek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumya. Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu menggairahkan siswa yang kelelahan dimana kartu sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran. Kelebihan dari strategi Card Sort adalah dapat membantu menggairahkan siswa yang merasa penat terhadap pelajaran yang telah diberikan, dapat membina siswa untuk bekerja sama dan mengembangkan sikap saling menghargai pendapat, dan pelaksanaanya sangat sederhana… semoga bermanfaat….
ida mafikha sari
22 Maret 2011 at 7:30 am
ass….
bpak…saya mo tanya ttg model pembelajaran listening team…saya kesulitan mencari ttg listening team…mohon dijabarkan secara rinci mengenai listening team…dan jika mo beli buku tentang listening team dimana ya????
tolong djawab ya bpak,,,,saya tunggu
juli
22 Maret 2011 at 11:20 am
waalaikumsalam… klo tentang strategi pembelajaran sebenarnya saya bukan ahli nya dan untuk buku nya sy juga kurang tau beli nya dimana.. tapi coba saja cari diinternet atau ditoko buku terdekat yg ada di kota anda… sedikit tentang model pembelajaran listening team yaitu merupakan salah satu pembelajaran pengaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa mampu memaksimalkan kemampuan yang ada dalam dirinya, serta mampu bersaing berperan aktif, efektif dan cerdas dalam meningkatkan kemampuan yang ada pada dirinya… untuk langkah-langkah metode ini bs juga dilihat di sini
mungkin hanya ini saja yg dapat sy sampaikan.. kurang lebih nya sy mhn maaf…smoga bermanfaat….
Riza Elok
30 Oktober 2011 at 8:18 pm
apakah ada buku khusus yang membahas tentang listening team it sendiri,,,?
buku yang pernah sy dapatkan , pembahsan listening team cm 1 lembar j dalam 1 bukunya….
sy nyoba nyari d toko buku jg g da…. mohon infonya jk ada buku khusus yang membahas tentang listening team
juli
17 November 2011 at 5:24 pm
maaf, klo itu sy kurang tau… mungkin bs anda cari di toko buku atau internet…. π
Mawan Hardiyanti
19 Mei 2011 at 1:41 pm
ass,,saya mau tanya,,apa perbedaan antara index card match dan card sort itu. . ??
saya tertarik mengenai strategi ini,,untuk penelitian pendidikan saya. .
dan,,judul buku apa dan karangan siapa yang bisa menambah referensi saya mengenai strategi ini pak. . ??
tlong dijawab ya pak..
terimaksih
juli
20 Mei 2011 at 2:25 pm
waalaikumsalam… sebenarnya saya juga bukan ahli nya dalam strategi pembelajaran… setau saya pd metode index card match, pembelajaran dilakukan siswa secara berpasangan sedangkan pada metode card sort, pembelajaran dilakukan secara berkelompok.. untuk lebih jelas nya bs dilihat di link berikut : index card match dan card sort semoga bermanfaat… π
Rindi Antika
4 Agustus 2011 at 7:25 am
bpk yth
ini sangat bermanfaat , sy perlu banget artikel ini untuk dipelajari . sy akn buka penjelasannya dulu biar lebih lengkap . trimksh pak .
juli
11 Agustus 2011 at 9:09 am
sama-sama… trima kasih sudah mampir dicoretanku… π
ibnufajarisme
19 Agustus 2011 at 5:15 pm
mampir bentar π
http://ibnufajarisme.wordpress.com/
Bie Wae
27 September 2011 at 12:59 pm
ass..pa saya mau beli buku active learning stars with a question kira-kira bagaimana? dan diman?
juli
4 Oktober 2011 at 3:56 pm
waalaikumsalam… klo itu sih terserah mbak, yg penting disesuaikan saja dengan kebutuhan… untuk tempat nya sy juga kurang tau, coba saja di cek di toko buku…
yunika
16 Oktober 2011 at 12:05 pm
pak, buku tentang metode point counterpoint blm juga saya temukan. di internet materinya sangat terbatas. bapak punya buku mengenai metode tersebut? judulnya apa dan pengarangnya pak. trims ya ..
juli
24 Oktober 2011 at 2:11 pm
mohon maaf, sy juga tidak punya bukunya….
Muhammad Asrullah Ghaffar
29 November 2011 at 12:06 pm
assalamu’alaikum,,,,
pak,,, sy butuh referensi tentang metode snow balling (metode bola salju), kalau bapak punya referensinya,,, tlong bapak share ke saya,,,,
trims sebelumnya,,,
juli
6 Desember 2011 at 3:31 pm
waalaikumsalam… trima kasih atas kunjungannya.. maaf, sy tdk punya referensi nya.. tp mungkin bisa di lihat di sini
mawan hadi
14 Desember 2011 at 1:22 pm
pak saya mau minta penejalasan dan referensi tentang strategi inquiring minds want to know ( bangkitkan minat ) dunk,,,,,, sy pngen tahu lebih jelas lagi,, tolong bantuin ya pakk….. trimakasi sblimnya.
juli
21 Januari 2012 at 2:01 pm
Langkah-langkah :
Buat satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang membangkitkan minat peserta didik untuk tahu lebih jauh dan mau mendiskusikanya dengan teman. Pertanyaan harus dibuat sekiranya diketahui oleh sebagian kecil saja. Misalnya :
1. Pengetahuan sehari-hari (βMengapa harga BBM melonjak?β)
2. Bagaimana (β Bagaimana menurut Einstein teori ledakan besar itu terjadi?β)
3. Definisi (βApakah tujuan pembelajaran itu ?β)
4. Ide pokok (βMenurut anda apa yang dibahas dalam topic ini?β)
5. Cara kerja sesuatu(βApa yang menyebabkan konsep map dapat dipahami orang lain?β)
6. Produk / hasil (βMenurut anda apa yang akan dihasilakan oleh pelatihan ini?β)
7. Solusi (βApa jalan keluarnya jika tidak mampu bersekolah tapi ingin tetap mendapat pengetahuan?β)
Β· Anjurkan peserta didik menjawab sesuai dengan dugaan mereka. Gunakan kata-kata β Coba pikirkan,apa kira-kiraβ dll.
Β· Tampung semua dugaan tanpa member jawaban secara langsung.
Β· Gunakan pertanyaan tersebut sebagai jembatan mengajarkan topik pelajaran.
Catatan :
Β· Strategi yang membangkitkan keingintahuan pada kelas yang biasanya diam jika disuruh menjawab pertanyaan.
defri
18 Desember 2011 at 11:10 am
pak,,law buku referensi ttg critical insident ada ya pak..tolong infonya….trims
juli
21 Januari 2012 at 1:54 pm
klo buku nya saya kurang tau…. sdikit referensi mungkin bisa dibaca2 disini
wara
23 Desember 2011 at 9:39 am
pagi,
ad yg tau metode brainstorming g?
juli
21 Januari 2012 at 1:50 pm
selamat siang…
Pengertian
Metode curah pendapat adalah suatu bentuk diskusi dalam rangka menghimpun gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman, dari semua peserta. Berbeda dengan diskusi, dimana gagasan dari seseorang dapat ditanggapi (didukung, dilengkapi, dikurangi, atau tidak disepakati) oleh peserta lain, pada penggunaan metode curah pendapat pendapat orang lain tidak untuk ditanggapi. Tujuan curah pendapat adalah untuk membuat kompilasi (kumpulan) pendapat, informasi, pengalaman semua peserta yang sama atau berbeda. Hasilnya kemudian dijadikan peta informasi, peta pengalaman, atau peta gagasan (mind map) untuk menjadi pembelajaran bersama.
di internet ada byk kok… coba tny sm mbah google… π trima kasih sdh mampir…
aam
26 Desember 2011 at 9:29 pm
assalamualaikum,, pak saya sedang melakukan penelitian menggunakan model active knowledge sharing, bisa minta tolong tuliskan kelebihan dan kelemahan model itu soalnya suda saya cari gak ketemu di tokoh- tokoh buku di Palembang cuman ada langkah-langkahnya saja mohon dibantu pak,,,
juli
21 Januari 2012 at 1:46 pm
waalaikumsalam… maaf, sy bkn ahli ny dalam metode pembelajaran.. tp sy akan coba jawab..
kelebihannya mungkin seperti ini :
– lebih memberikan ruang bagi peserta didik dalam belajar
– membuat siswa jd lebih aktif
– dapat membawa peserta didik siap materi dengan cepat
– melihat kerjasama tim
klo kekurangannya sy jg kurang tau… coba juga tanya sm mbah google…
trima kasih sdh mampir…. π
ria
10 Januari 2012 at 8:07 am
assalamualiakum
pak, saya butuh sekali ttg metode point counter point. klo bpk tau referensinya, tlong di share ya. soalnya referensi yang saya dapat cm mengenai langkahnya saja. terima kasih
juli
21 Januari 2012 at 1:10 pm
waalaikumsalam… sdikit tentang metode point counter point :
oint-Counterpoint
Langkah-langkah metode pembelajaran point-counterpoint adalah:
1. Pilihlah isu-isu yang mempunyai beberapa perspektif
2. Bagilah siswa ke dalam kelompok-kelompok sesuai dengan jumlah perspektif yang telah ditentukan.
3. Minta masing-masing kelompok menyiapkan argumen-argumen sesuai dengan pandangan kelompok yang diwakili. Dalam aktivitas ini, pisahlah tempat duduk masing-masing kelompok.
4. Kumpulkan kembali semua siswa dengan catatan, siswa duduk berdekatan dengan teman-teman satu kelompok.
5. Mulai debat dengan mempersilakan kelompok mana saja yang akan memulai.
6. Setelah salah seorang siswa menyampakan satu argumen sesuai dengan pandangan kelompoknya, mintalah tanggapan, bantahan atau koreksi dari kelompok lain perihal issu yang sama.
7. Lanjutkan proses ini sampai waktu yang memungkinkan.
8. Rangkum debat yang baru saja dilaksanakan dengan menggarisbawahi atau mungkin mencari titik temu dari argumen-argumen yang muncul.
atau bisa juga disini
dwi ika marfika
14 Januari 2012 at 5:28 pm
asslamu’alaikum..Bpk…, sebelumnya maaf, kalau misalkan mencari buku yg khusus membahas tentng Reading Guide ada atw tdk ya bpk? klw ada dimana ya belinya, krn sya sangat kekurangan referensi tentng metode reading guide. mohon bantuannya ya bpk, trmkasih…
juli
21 Januari 2012 at 1:04 pm
waalaikumsalam… maaf, sy juga kurang tau.. coba saja langsung cek di toko buku…. coba juga cari referensi di internet…
sari oktofanni
23 Januari 2012 at 8:57 am
ass, maaf pak.. saya mau tanya apa bapak tau tentang metode terbaru untuk reading comprehension?
juli
28 Januari 2012 at 4:21 pm
waalaikumsalam…. maaf, sy juga kurang tau… coba tanya sama Om Google… π trima kasih sdh mampir….
gianrestika
18 Februari 2012 at 4:49 pm
assalamualakum…
pa saya mw tanya kalo model pemb. CIRC bisa dikombinasi dengan Card Sort ga?,. mohon bantuannya ya pa. makasih?
ai yuliani
18 Februari 2012 at 9:45 pm
ass,,maff pak saya mau tanya bp tau tentang metode modeling the way?? sprti ap pak metode itu? dan gmn contohnya?
siti nuriyah
16 Maret 2012 at 3:30 pm
maaf pak…mau tanya apakah kelebihan dan kekurangan dari strategi card sort ya…trims
dahlia
20 Maret 2012 at 9:55 pm
assalamualaikum,
bpk kira2 buku strategi tentang tem Quiz & point counterpoint beli dmn ya?
kemudian cocok tdk klo 2 strategi tersebut dibandingkan?
kira2 materi apa yg bersangkutan dg 2 strategi tsb?
mohon konfirmasinya.
thanks befor
ana
2 April 2012 at 10:11 am
Assalamualaikum
pak mau beli bukunya ada????
kalau ada harga nya berapa????
juli
10 Mei 2012 at 4:14 pm
waalaikumsalam… mhn maaf semua komen tdk bs sy balas satu persatu… terus terang sy juga bukan ahlinya dalam hal teknik pembelajaran.. tulisan ini hanya sebagai tempat sharing… untuk selanjutnya mungkin kita bisa bertanya kepada mbah goolge.. π skali lagi mohon maaf.. terima kasih sdh mampir… π
meisyah
10 Oktober 2012 at 7:39 pm
Waah..akhirnya dapet juga..hehe