RSS

Tips Pencarian Akurat dengan Google

01 Jun

Walaupun telah mengembangkan sayap dengan membuat browser dan sistem operasi, namun tetap saja nama Google sebagai mesin pencari di jagad maya belum tertandingi. Ide awal Larry Page dan Sergey Brin untuk membuat aplikasi pencari pada masa kuliahnya terbukti telah berjasa bagi jutaan orang yang saat ini gemar berselancar di Internet. Keandalan Google dalam menyibak belantara data di Internet serta menyajikannya secara obyektif sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan telah membuat jutaan penggunanya ketagihan dan selalu kembali untuk meminta ‘jasa’ Google saat mencari informasi yang dibutuhkannya. Ribuan komputer dikerahkan Google untuk melayani berbagai macam pertanyaan dan pencarian kita setiap harinya. Obyektivitas Google dalam menjawab pertanyaan merupakan wujud prinsip utamanya ‘Don’t be Evil’ atau jangan menjadi jahat. Namun ternyata Google menganggap, dengan menjadi tidak jahat saja belumlah cukup. Mereka harus benar-benar menjadi baik. Untuk itulah mereka ingin semua pemakai Google mendapatkan pelayanan sebaik-baiknya dari setiap pertanyaan dan pencarian yang mereka lakukan. Oleh karenanya, sungguhpun data hasil pencarian yang disajikan mengandung permasalahan, namun secara obyektif Google akan tetap menyajikannya karena menurut mereka para pemakai mesin pencarian mereka ini berhak untuk mendapatkan jawaban yang sebenar-benarnya. Secara konsisten, Google akan menampilkan hasil pencarian mulai dari yang paling akurat hingga paling tidak akurat, dari yang paling banyak dikunjungi hingga ke yang paling tidak pernah dikunjungi.Untuk memulai pencarian dengan Google pun pastilah kita semua sudah bisa melakukannya. Tinggal mengakses http://www.google.com atau  http://www.google.co.id untuk versi bahasa Indonesia. Bahkan khusus untuk Anda orang-orang Jawa, Google juga menyediakan layanan dalam bentuk Bahasa Jawa. Hingga saat ini Google telah mendukung lebih dari 70 bahasa di dunia. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang optimal seperti yang kita kehendaki, tentulah kita harus memperhatikan beberapa hal dalam melakukan pencarian, antara lain:

  • Pikirkanlah terlebih dahulu fokus dari pencarian yang akan dilakukan. Kata kunci yang kita masukkan memegang peranan sangat penting dalam penentuan hasil pencarian kita nantinya. Dan yang perlu diingat Google adalah mesin pencarian yang pintar, maka janganlah ragu-ragu untuk mengetikkan kata kunci dengan detail. Google secara otomatis juga akan mencoba ‘menebak’ kata kunci yang sedang kita ketikkan. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi mereka yang belum bisa mengetikkan ejaan huruf yang dimaksud.Bahkan jika kita salah dalam mengetikkan kata kunci sekalipun, Google akan dengan setia memberikan memberikan opsi keyword bagi kita. Misalnya saja saat kita salah mengeja keyword ‘Brad Pitt’, maka Google secara otomatis akan memberikan opsi kata kunci yang ada atau yang paling mendekati.
  • Lebih lanjut yang harus kita perhatikan juga pada saat memulai pencarian adalah jenis pencarian apa yang akankita lakukan, apakah pencarian web secara umum (global), ataukah pencarian gambar (image) saja, atau berita, blog atau yang lain. Setidaknya Google telah mengelompokkan mesin pencariannya dalam 12 jenis mesin pencarian selain mesin pencarian web secara umum, mulai dari pencarian gambar, berita, blog.
  • Pemilihan bahasa dalam kata kunci juga  akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian ini. Misalnya kita inginmencari info harga pasaran mobil bekas jenis  Toyota Rush. Perhatikan perbedaan hasil pencarian yang ditimbulkan pada 2 inputan kata kunci yang berbeda sebagai berikut ini: Dengan kata kunci ‘toyota rush harga’, kita akan mendapatkan hasil dalam bahasa Indonesia yang   otomatis juga memprioritaskan content lokal dari Indonesia sendiri.
  • Gunakanlah operator pencarian yang sesuai. Secara default Google akan memakai operator ‘AND’ dan ‘OR’ dalam setiap operasi pencarian yang dilakukannya. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang efektif, selain penggunaan pilihan bahasa dalam keyword, penggunaan operator pencarian yang tepat juga akan sangat berpengaruh pada hasil yang didapatkan. Untuk lebih mengarahkan hasil pencarian pada hal yang kita maksudkan, kita dapat mengarahkan mesin pencari Google agar dapat lebih spesifik dalam melakukan pencarian. Operator ‘AND’ dapat dipakai pada saat kita menginginkan hasil pencarian yang mengandung 2 (dua) buah kata kunci atau lebih pada semua hasil pencarian. Sedangkan operator ‘OR’ dipakai untuk menampilkan hasil pencarian yang mengandung salah satu saja, dari kata kunci yang dimasukkan. Selain ‘AND’ dan ‘OR’, masih banyak operator lain yang dapat kita pergunakan dalam melakukan pencarian bersama Google, seperti:
    o Operator minus (-) yang berfungsi untuk menghilangkan hasil pencarian yang mengandung kata tertentu.
    o  Operator tanda bintang (*) dipergunakan untuk melengkapi kata kunci.
    o  Operator tanda tilde (~) dipakai untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sesuatu.
  • Tentukan format data yang ingin didapatkan dari hasil pencarian. Misal kita ingin mendapatkan sebuah tutorial, Google dapat mencarikan dalam format yang diinginkan, entah itu dalam format PDF, CHM, DOC dan lain sebagainya.
  • Untuk pencarian yang lebih detail, Google juga menyediakan perangkat pencarian tingkat lanjut atau yang disebut juga dengan ‘Advanced Search’. Dengan mempergunakan ‘Advanced Search’ atau ‘Penelusuran Lanjutan’ ini kita bisa mendefinisikan lebih lanjut pencarian data atau informasi yang kita inginkan.

(beritanet.com)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Juni 2010 in Tips & Trik

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: